Rabu, 06 Juli 2016

Mengatasi Aplikasi Error Sesudah Update Dari Playstore

Pernahkah anda mengalami kegagalan proses berjalannya aplikasi di android setelah melaksanakan update atau pembaruan terbaru ?, atau mungkin setelah melaksanakan update aplikasi malah aktivitas tidak berjalan ibarat yang kita kehendaki, aplikasi tidak dapat dibuka dan banyak sekali problem lainnya. apa yang terjadi bersama-sama ?, apakah ada yang salah dengan software yang gres diunduh atau ada alasannya lainnya ?, yuk ikuti ulasannya di bawah ini.

 Pernahkah anda mengalami kegagalan proses berjalannya aplikasi di android setelah melakuk Mengatasi Aplikasi Error setelah Update dari playstore

Seperti diketahui, bahwa pengembang atau developer melaksanakan update terhadap project app dengan tujuan utama menyempurnakan segala kekurangan yang ada pada aplikasi buatannya. Banyaknya Bug atau banyaknya laporan kekurangan dari para reviewer dapat mengakibatkan patokan untuk pengembang aplikasi biar semakin menyempurnakan aktivitas buatannya. Intinya, aktivitas yang diluncurkan sebagai pembaruan (update) terhadap aplikasi sebelumnya ditujukan untuk memperbaiki masalah, meningkatkan performa, menambah fitur dan banyak lagi yang lainnya.

Di balik itu semua, terkadang developer yang telah meluncurkan update aplikasi terbarunya tidak serta merta dapat menganggap aplikasinya sudah fix dan jauh dari masalah. Tidak mungkin pihak developer akan mencoba satu persatu jenis smartphone yang jumlahnya ribuan untuk sekedar menccari bug atau kesalahan aktivitas ketika dijalankan. Lagi-lagi para penggunalah yang akan memperlihatkan testimoni dan ulasan melalui review yang telah disediakan pengembang.

Kembali ke topik diatas, ada beberapa pengguna smartphone yang mengalami trouble terhadap aplikasi yang gres saja diperbarui (diupdate). Bukannya menuntaskan masalah, malah aplikasi error dan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk mengembalikan ke versi sebelumnya terkadang ada beberapa versi OS android yang tidak mendukung untuk melaksanakan hal itu. Nah, untuk mengatasi dan memilah apa yang terjadi pada aplikasi yang error tersebut silahkan coba beberapa tips di bawah ini biar aplikasi biasa berjalan dengan sempurna.

1. Bila ada tragedi setelah melaksanakan update aplikasi dan ternyata aplikasi error, coba bersihkan dahulu cache dan data yang ada. Caranya : masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian cari aplikasi yang mengalami error tadi, setelah itu lakukan pencucian cache dan hapus data. ( lihat gambar di bawah.

 Pernahkah anda mengalami kegagalan proses berjalannya aplikasi di android setelah melakuk Mengatasi Aplikasi Error setelah Update dari playstore

2. Bila setelah melaksanakan pencucian data dan cache namun aplikasi tetap tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya silahkan unnistall (copot) app dari smartphone anda dan unduh kembali aplikasi. coba jalankan sekali lagi, apakah app sudah berjalan tepat atau masih mengalami error.

3. Bila tetap mengalami masalah, silahkan unnistall lagi aplikasi dan kiprah anda ialah mencari aplikasi dari versi sebelumnya. contoh, jikalau versi aplikasi ketika ini menggunakan arahan angka misal 1.0.2 maka cari apk aplikasi dibawahnya misal versi 1.0.1.

4. Cari installer (apk) aplikasi dari market atau tempat-tempat download yang menyediakan banyak sekali versi apk dari aplikasi yang bersangkutan. coba unduh dan lakukan instalasi di smartphone anda.

5. Bila app sudah dapat berjalan sebagai mana mestinya berarti versi OS android anda tidak support atau dapat jadi tidak didukung oleh versi app yang terbaru. 

Kejadian tidak support-nya sebuah aplikasi terhadap versi android setelah melaksanakan update dapat anda laporkan ke pihak pengembang (developer app) biar dilakukan perbaikan arahan program. Para developer aplikasi biasanya sangat berterima kasih kepada beberapa pihak yang melaporkan adanya error pada software buatannya.