Minggu, 21 April 2013

Mengetahui Alamat Ip Router

Tags

Sebuah router jaringan yang khusus dipakai untuk jaringan local atau sering disebut local area network (LAN) yang juga dipakai untuk jaringan internet terdiri dari dua alamat IP, satu untuk perangkat lokal untuk terhubung ke seluruh jaringan LAN, dan satu untuk koneksi eksternal internet (WAN). Bagaimana Anda sanggup menemukan alamat IP router? 

Pada jaringan Internal, alamat IP LAN-biasanya diatur pada setingan default. Misalnya pada Linksys router, memakai alamat IP bawaan/default 192.168.1.1 untuk alamat IP internal perangkat tersebut. Router D-Link dan Netgear biasanya memakai alamat IP 192.168.0.1. Beberapa router Robotika AS memakai 192.168.123.254, dan beberapa router Belkin dan SMC memakai 192.168.2.1. 

 Akan tetapi kita tidak perlu khawatir mengenai aneka macam merek dan jenis router, alasannya yakni alamat IP internal default pada masing-masing jensi dan merek router sudah tercantum dan tercatat dalam dokumentasi pabrikan. Apabila anda sebagai eksekutif jaringan, anda mempunyai pilihan untuk mengubah alamat IP default tersebut kapanpun anda inginkan. 

Alamat IP eksternal, alamat IP WAN pada router sanggup diatur dikala router anda terhubung ke jasa penyedia layanan Internet. sehabis anda melaksanakan penambahan IP WAN Eksternal, alamat ini juga sanggup dilihat pada router konsol administratif. 

Cara lain untuk mengidentifikasi alamat IP publik router, yakni dengan memakai perintah perintah ping atau traceroute. Dari dalam jaringan lokal anda, gunakan perintah konsol (DOS) kemudian ketikkan "ping-r 1". Dengan perintah ini bertujuan akan mengirim pesan melalui router jaringan rumah/lokal yang akan menimbulkan alamat IP akan ditampilkan. Misalnya, "ping-r 1 www.yahoo.com" harus menghasilkan pesan ibarat berikut ditampilkan pada command prompt: 

Reply from 66.94.230.43: bytes = 32 time = 294ms TTL = 56 Rute: 209.179.21.76 ... 

Dalam teladan ini, alamat IP sehabis "Route:" (209.179.21.76) sesuai dengan alamat router WAN. 

Pada jaringan perusahaan, layanan jaringan inovasi menurut SNMP sanggup secara otomatis memilih alamat IP router dan banyak perangkat jaringan lainnya.

Artikel Terkait