Jumat, 10 Mei 2013

Kapan Harus Menginstal Ulang Windows?

Tags

Kembali pada awal penggunaan sistem operasi menyerupai Windows 95 dan ME, menginstal ulang Windows mempunyai banyak konotasi yang hampir sama artinya menyerupai demam isu semi membersihkan atau mengganti oli Anda. Itu yaitu sesuatu yang Anda lakukan secara teratur untuk memastikan kinerja yang sanggup mendapatkan amanah dari komputer Anda. 

Untungnya, Windows 7 dan Windows 8 yaitu sistem operasi yang lebih stabil dan hal ini tidak lagi terjadi. Bagaimanapun juga tidak ada software yang sempurna, dan bahkan Windows 7 dan Windows 8 mungkin perlu diinstal ulang pada situasi-situasi tertentu. Mengetahui kapan sebaiknya menginstal ulang windows anda yaitu sesuatu hal yang perlu dan penting - dan saat Anda harus mencoba solusi-solusi cepat menginstal ulang Windows - akan menghemat banyak waktu dan energi.

Upgrade Komponen 

Hampir setiap komponen dalam komputer Anda sanggup diganti tanpa Anda harus menginstal ulang sistem operasi. Pengecualian yaitu hard drive utama, central processing unit (CPU) dan motherboard. Ada beberapa Software yang sanggup dipakai untuk mengkloning drive utama , tetapi swapping drive untuk kloning mungkin memerlukan pembiasaan BIOS yang sedikit rumit, terutama jikalau drive swap yang dipakai berbeda ukuran atau mereknya. Hal yang sama berlaku untuk upgrade prosesor dan motherboard. Windows 7 registri dibangun sekitar perangkat keras yang ada, sehingga pembiasaan kembali registri untuk bekerja dengan BIOS gres dan prosesor yang lebih cepat membosankan dan rumit. Hal ini biasanya lebih baik untuk melaksanakan instal ulang higienis Windows untuk memastikan kompatibilitas dan fungsionalitasnya.

Upgrade Hardware/Perangkat Keras

Jika Anda telah tetapkan untuk melepas komputer usang Anda ke teman atau saudara, atau Anda ingin menjualnya, Anda harus memastikan bahwa tidak ada data langsung Anda yang tertinggal pada hard drive. Menghapus data Anda memerlukan instal ulang higienis dari sistem operasi, di samping itu, hard disk harus dibersihkan sebelum Anda menginstal ulang Windows. Melakukan beberapa abolisi pada drive, jikalau hanya satu abolisi yang anda lakukan,maka tidak pernah cukup untuk menghapus semua data Anda. Ini yaitu pandangan gres yang baik untuk memakai perangkat lunak disk shredder untuk menghapus setiap jejak data dari drive. Informasi perihal cara menghapus drive Anda dan melaksanakan instal ulang higienis sanggup ditemukan di Internet. Windows 7 sangat gampang untuk diinstal pada hard drive kosong. Jika Anda meng-upgrade ke komputer baru, ini yaitu kesempatan yang ideal untuk meng-upgrade dari versi usang dari Windows ke fungsi yang disempurnakan dari Windows 7 tanpa adanya kesulitan untuk meng-upgrade OS pada komputer yang ada.

Terserang/terkena tervirus 

Perangkat lunak keamanan terbaik tidak selalu 100 persen bekerja efektif. Jika PC Anda terinfeksi dengan malware yang mungkin lolos dari perangkat lunak keamanan Anda, kemungkinan bahwa Anda akan perlu menginstal ulang Windows. Sebelum Anda melaksanakan hal ini, coba gunakan fungsi System Restore untuk menghidupkan OS Anda kembali ke tanggal saat computer anda berfungsi normal. Ini mungkin mustahil alasannya yaitu beberapa virus menginfeksi bab registri yang mengontrol Sistem opsi Restore Utility, dan malware aktif kembali sehabis restore point diatur. Dalam hal ini, satu-satunya pilihan yang layak yaitu untuk menghapus drive utama Anda dan menginstal ulang Windows.

Software Pihak Ketiga 

Aplikasi yang Sah atau aplikasi yang tidak terdaftar pada Windows sering mengatakan fitur menarik hati yang sulit untuk dilewatkan. Beberapa aplikasi ini belum disetujui oleh Microsoft alasannya yaitu mereka tidak mematuhi pemikiran tertentu atau ditulis sedemikian rupa untuk berpotensi mengganggu sistem operasi Windows. Ketika gangguan ini terjadi, pengguna mungkin merasa sulit atau mustahil untuk mengembalikan Windows ke sebelumnya. Jika System Restore Utility telah berhenti bekerja, satu-satunya solusi yaitu dengan menginstal ulang Windows. 

Overclocking 

Menjalankan CPU Anda pada kecepatan di atas yang direkomendasikan pabrik disebut "overclocking" dan sanggup mendatangkan malapetaka pada sistem operasi Anda. Sistem driver sangat rentan terhadap kecepatan clock yang lebih cepat, meningkatkan tegangan dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh overclocking. Overclocker, para gamer terlalu seringkali terjadi bahwa dengan dorongan 20 persen pada clock speed dari prosesor computer yang mereka gunakan sanggup menyebabkan sistem operasi mereka untuk bekerja tidak menentu. Ketika ini terjadi, mungkin perlu menginstal ulang Windows.

Sistem Tidak Perlu Reinstall 

Tidak semua gangguan software atau hardware memerlukan solusi untuk menginstal ulang Windows. Misalnya, jikalau sistem Anda menunjukkan kinerja atau bekerja lebih lambat dari kinerja sebelumnya, cobalah lakukan defragmenting hard drive Anda. Gunakan alat pencucian disk dan cobalah untuk mengompresi file. Dengan melaksanakan pemeliharaan rutin ini akan sering mempercepat PC Anda tanpa Anda harus menginstal ulang Windows.

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan yang sama hanya saat Anda membuka agenda tertentu, mulailah dengan mengatasi problem pada aplikasi tersebut dan bukan OS. Periksa dan lakukan update pada program. Pada skenario error aplikasi yang paling buruk, cobalah remove/menghapus agenda yang error, download agenda versi terbaru dan instal kembali. Seringkali, dengan mengikuti mekanisme sederhana ini akan memungkinkan Anda untuk memakai perangkat lunak yang bebas dari kesalahan.

Jika Anda tidak sanggup membuka desktop Anda saat Anda menyalakan komputer Anda, lakukan booting dengan masuk ke Safe Mode sebelum Anda panik dan masukkan CD instalasi Windows. Anda mungkin sanggup memecahkan problem dalam konfigurasi ini dengan mengatur ulang beberapa pilihan Start Up atau memakai alat yang tersedia di kotak obrolan System Configuration.

Jika sistem Anda mulai bekerja tak menentu sehabis melaksanakan download atau crash, coba jalankan registry cleaner. Software Pembersih registri sanggup anda download dengan gratis dan bebas biaya dari Web dan program-program pembersih registry sering membersihkan registri yang konflik dan isu-isu lainnya, sehingga sanggup mencegah kebutuhan untuk menginstal ulang Windows.

Artikel Terkait