Sabtu, 07 Februari 2015

Tips Merawat Umur Baterai Smartphone

Tags


Tips Merawat Umur Baterai Smartphone

Smartphone dan tablet pada zaman kini ini banyak yang menggunakan baterai Lithium - ion yang kapasitas besar maupun kapasitas kecil dan sedang. Yang mempunyai kapasitas yang terbatas dan mungkin akan cepat rusak jikalau sudah mencapai masanya rusak. Karena Baterai itu sendriri telah dirancang semoga sanggup bertahan hingga 80% dari kapasitas yang dimilikinya dari waktu membelinya untuk siklus pengisian yang terbatas.

Apakah “Siklus pengisian”? saya akan jelaskan sedikit apa itu siklus pengisian yaitu ketika beterai sudah mengisi dayanya hingga 100% dan habis daya hingga dengan 0%. Jika anda mengisi Batery Smartphone anda dengan daya hingga dengan 50% dan memakainya hingga 0%, maka anda telah menggunakan setengah siklus pengisian.
Hal inilah yang tidak sanggup menghindari rusaknya pada baterai di smartphone atau tablet anda. OK, pribadi saja bagaimana Tips Merawat Umur Baterai Smartphone :

1. Temperatur
kenapa anda harus memperhatikan Temperatur??? Karena Temperatur mempunyai imbas yang sangat besar pada daya tahan baterai smartphone atau tablet anda. dan kapasitas baterai anda niscaya akan lebih cepat berkurang (SOAK) Jika Smartphone atau tablet anda berada pada suhu lebih dari 35derajat C dan dibawah 0 der C. Cobalah anda untuk memastikan dan tidak meletakkan smartphone yang pribadi terkena terik matahari dan temperatur ruangan yang dingin. lantaran dengan Suhu yang ekstrim tersebut sanggup menurunkan umur batery smartphone anda

2. Full Charging atau  Partial Charging
Mungkin selama ini anda selalu mengisi baterai hingga dengan penuh 100%, akan tetapi ternyata mengisi daya baterai smartphone secara partial itu jauh lebih baik. kenapa??? lantaran Baterai Lithium  -ion yang dipakai smartphone dan tablet itu mempunyai “Siklus pengisian” yang berbeda-beda. anda juga harus memperhatikan kapasitas daya batery anda sebelum charg smartphone anda lantaran ketika batery berada di 40% dan hentikanlah pengisian ketika daya baterai sudah mencapai 80%. itulah Cara terbaik untuk memperpanjang siklus tersebut.

3. Hindari Mengisi Baterai Sepanjang Waktu!
Untuk Merawat Umur Baterai Smartphone cobalah untuk hindari Mengisi daya baterai terus menerus 100%  sepanjang waktu lantaran ini juga sanggup menimbulkan umur batery smartphone anda berkurang (SOAK).

4. Hindari pengisian daya dengan Cara cepat
Anda sanggup lihat berapa kapasitas batery dan berapa tegangan bateri tersebut, biasanya ada pemberitahuan tegangan di bateri anda atau di kasing belakang smartphone atau tablet anda. lantaran itu yaitu peringatan dan pemberitahuan lantaran penggunaan pengisi daya dengan cepat cepat atau melebihi tegangan listrik yang diharapkan itu sanggup besar lengan berkuasa jelek pada umur baterai smartphone atau tablet anda. dan jikalau anda lakukan dalam jangka panjang sanggup menimbulkan tekanan yang sangat besar dan menciptakan bateri anda atau umur bateri smartphone anda lebih cepat berkurang bahkan mesin smartphone atau tablet juga tidak akan bertahan lama, dan sanggup menimbulkan konsleting pada smartphone atau tablet anda.

5. Hindari menggunakan Charger KW (Abal-Abal)
Charger KW atau sanggup dibilang abal-abal memang mempunyai harga yang sanggup dibilang lebih murah dibandingkan charger yang original atau bawaan smartphone. kenapa begitu??? lantaran kwalitas nya pun juga berbeda, dari tegangan mungkin sama akan tetapi mengisi daya menggunakan charger KW sanggup merusak baterai smartphone atau tablet, bahkan sanggup merusak hardware smartphone atau tablet Oleh alasannya yaitu itu, Hindarilah charging mengguakan charger KW (abal-abal)

6. Hindari Penyimpanan Jangka Panjang
Jika anda ingin menyimpan smartphone atau tablet anda. Anda perlu memastikan daya baterai smartphone sekitar mencapai 50% sebelum anda mematikannya. dan pastikan Anda menyimpan smartphone anda di daerah yang sejuk dan suhu dibawah 32 der Celsius.
Karena Di panduan Apple menjelaskan bahwa ketika kita menyimpan smartphone atau tablet yang usang hingga enam bulan, bateri smartphone tersebut perlu di isi dengan daya sebesar 50%. Begitu juga smartphone atau tablet merek lain.

Iitulah tips tips yang sanggup Anda gunakan semoga umur bateri anda tidak cepat berkurang (SOAK) dan sanggup memperpanjang umur baterai smartphone dan tablet Anda.
Tips-tips ini juga sanggup diterapkan untuk setiap elektronik yang menggunakan baterai, sanggup laptop dan netbook. Bedanya baterai smartphone dan tablet mempunyai umur yang terbatas. Gunakanlah baterai Smartphone anda dengan baik sanggup menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang.

Artikel Terkait