Jumat, 21 Agustus 2015

5 Jenis Processor / Chipset Smartphone Canggih Ketika Ini

Tags

Smartphone memerlukan sebuah pengolah data terpusat yang umum dinamakan sebagai CPU atau central processing Unit. Dimana di sebuah CPU itulah ada komponen penting yang disebut Processor sebagai sentra dan otaknya smartphone. Semakin canggih sebuah smartphone tentunya harus dibekali dengan chipset atau processor yang mumpuni juga.

Processor yang baik dan manis amatlah penting dalam mengerjakan segala beban sistem dalam smartphone. Kecepatan pemrosesan, Pekerjaan multitasking, hardawre yang cuek dan tidak cepat panas tentu menjadi tolok ukur vendor menanam processor di gadget buatannya. Nah, tanpa panjang lebar lagi silahkan simak di bawah ini Processor paling banyak dipakai dan populer yang patut kita ketahui.

1. EXYNOS


Processor Exynos ini dibesut oleh vendor kenamaan yaitu Samsung Electronic. Dengan basis sistem On Chip ( SoC ) maka processoor jenis ini dikhususkan penggunaannya pada perangkat mobile samrtphone maupun tablet. Exynos berbagai variannya menyerupai Exynos hummingbird, Exynos 3110 dan lain sebagainya. Bahkan samsung galaxy S6 juga dibekali chipset jenis ini sebab populer dingin.

2. TEGRA


Sudah pernah mendengar nama NVIDIA ?, Nah produsen GPU populer inilah yang telah membuat TEGRA. Dimana TEGRA yakni chipset pertama yang telah memakai teknologi Quad-Core. Processor Tegra yang populer yakni Tegra 3 dimana keunggulannya yakni ekonomis daya dan visualisasi yang bagus. 


3. OMAP 


Dengan keunggulannya memproses tampilan antarmuka situs-situs internet Maka processor OMAP besutan Texas Instrument ini populer dengan mobilitasnya di dunia Internet Mobile. Kelebihan lainnya yang dimiliki Processor OMAP yakni kemampuannya dalam mengolah dan memproses tampilan kamera primer maupun sekunder pada smartphone.

4. SNAPDRAGON


Processor paling banyak dipakai ketika ini yakni jenis ini. Dimana Snapdragon dari hasil karya Qualcomm ini dikenal mempunyai kinerja manis dan tinggi dibanding dengan processor-processor lainnya.Namun akhir-akhir ini snapdragon mengalami degradasi di dunia chipset sebab banyak vendor yang mengeluhkan adanya jenis snapdragon tipe 810 yang cepat panas dan karenanya samsung yang sebelumnya banyak memakai snapdragon sebagai CPU smartphone-nya beralih ke Exynos.

5. MEDIATEK


Processor atau chipset Mediatek yang lebih dikenal dengan sebutan MTK ini kini mulai berkibar di kancah smartphone melebihi snapdragon. Mediatek populer murah tapi tidak murahan. Dimana dengan kinerja yang tinggi sekelas snapdragon dan harga lebih murah tentunya banyak vendor yang melirik memakai MTK sebagai Otak smartphone-nya.

Nah, bahwasanya masih banyak lagi jenis dan tipe chipset / processor yang menempel di beberapa smartphone ketika ini. Namun diantara kelima Processor diatas-lah yang bisa dijadikan contoh manis tidaknya sebuah smartphone yang canggih dan multitasking.

Artikel Terkait