Rabu, 27 Juli 2016

Menyelamatkan Data Tanpa Membuka Harddisk Saat Os/Windows Rusak

Tags

Copy data dari Windows/OS yang bermasalah.

Untuk mengambil data dari komputer yang bermasalah dengan OSnya (Operating System), contohnya tidak sanggup berhasil masuk ke Windows sebab Windowsnya corrupt atau sebab kena virus, ada dua cara penanganannya yaitu dengan mencopot harrdisknya untuk dipasang di komputer lain yang OSnya manis untuk dicopy datanya, dan cara kedua tanpa mencopot Harddisk yaitu dengan memakai tools atau software semacam Live CD yang mempunyai akomodasi File Explorer di dalamnya.




OS yang bermasalah masih sanggup diinstal atau diformat ulang komputernya, berbeda dengan data-data penting yang ada di dalamnya, ini yang menjadi dilema dan kita tentu tidak ingin kehilangan data-data tersebut. Untuk itu sebelum memformat atau menginstal ulang tentunya harus diselamatkan atau dicopy terlebih dahulu data-datanya.

Kalau data disimpan dalam partisi harddisk yang berbeda dengan partisi OSnya, sesungguhnya masih kondusif dan kita sanggup eksklusif format ulang /instal ulang OSnya tanpa mengganggu partisi harddisk dimana data-data berada.
Tetapi umumnya akan ada perasaan waswas takut datanya hilang. Takut misal dikala mengikuti Wizard ada salah-salah misal tertukar partisinya, atau salah klik dll.

Yang akan dibahas pada postingan ini yaitu cara kedua, menyelamatkan data  tanpa mencopot hardisknya. yaitu memakai Live CD PuppyLinux Lucid Puppy-528, yang dipakai sebagai File Explorer untuk mengcopy data dari harddisk internal komputer, ke USB Flashdisk atau harddisk external.

• Download Lucid Puppy dari webnya di puppylinux.org atau search dengan kata kunci download lupu-528. Memilih yang Lucid Puppy sebab ukuran filenya yang lebih kecil (ukurannya sekitar 135MB) dibanding dengan puppy linux yang lainnya.
• Setelah berhasil download file ISOnya lalu burning ke CD. caranya sanggup dilihat pada link berikut.
• Siapkan USB Flashdisk atau harddisk external (untuk daerah penyimpanan datanya) dan colokkan ke salah satu port USB di komputer.
• Kemudian lakukan Boot komputer memakai CD Lucid Puppy yang diburning tadi. Sebelumnya Bios komputerntya harus diset terlebih dulu semoga pilihan boot pertamanya diarahkan ke CD/DVD drive.
• Tampilannya ibarat berikut:


• Yang dilingkari yaitu drive-drive yang terdeteksi, ada Floppy disk ada Harddisk, perangkat USB(flashdisk/Hdd external), CD/DVD drive.
• Untuk mencopy datanya tinggal explore pada harddisk dan pilih data-data yang akan dicopy, lalu buka juga flashdisk/harddisk external, lalu lakukan drag & drop ibarat halnya pada Windows atau komputer GUI pada umumnya.

Artikel Terkait