Selasa, 08 November 2016

Apa Efek Menghapus Folder Thumbnail Di Android ?

Tags

Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android dan apa sebetulnya fungsi dari Thumbnail itu sebetulnya ?. Nah, kali ini Admin Dunia android akan membahas khusus ihwal cuplikan gambar kecil atau yang sering disebut thumbnail. Dimana banyak para pengguna android yang belum tahu apa itu thumbnail, apa kegunaannya, apa efeknya bagi ruang penyimpanan dan apakah kondusif untuk dihapus ?, mari simak ulasannya di bawah ini.

Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android ?

Thumbnail sudah biasa dipakai penyebutannya semenjak jamannya Komputer yang sudah berbasis User Friendly dari beberapa tahun dahulu. Thumbnail sendiri biasa dianalogikan sebagai ukuran gambar yang dioptimasi sedemikian rupa untuk keperluan Penampil image di layar. Gambar yang berukuran besar dapat diperkecil sedemikian rupa ukurannya semoga dapat ditampilkan sebanyak mungkin di layar untuk beberapa image sekaligus.

Makara fungsi thumbnail sebetulnya dapat anda lihat saat melaksanakan preview singkat atas gambar yang tertangkap kamera ataupun dapat juga untuk menampilkan seluruh gambar berukuran besar dengan ukuran yang lebih kecil namun masih dapat terlihat oleh pandangan manusia.

Contoh Thumbnail sederhana di smartphone yaitu saat anda membuka Galeri ponsel, disana akan tampak gugusan image kecil (bisa seukuran layar smartphone) namun tidak menggambarkan ukuran pixel yang sebenarnya. Bila anda masih bingung, aku beri pola sedderhana, saat anda melaksanakan editing gambar dengan resolusi besar di layar komputer dan alhasil anda simpan ke ponsel, nantinya image yang ditampilkan akan menyesuaikan ukuran layar bahkan dapat diperkecil sesuai mode yang dipakai dalam menampilkan sebuah image. Itulah yang disebut Thumbnail.

Lalu apa sebetulnya fungsi Thumbnail sehingga smartphone menyerupai Android juga memasang fungsi ini pasa sistemnya ? Jawabanya yaitu :


1. Sebagai penampil image yang diperkecil sedemikian rupa semoga supaya user gampang menavigasi seluruh gambar yang ada. ( misalnya di galeri ponsel )

2. Mempercepat proses image view (penampakan gambar), sebab dengan adanya file thumbnail yang tercipta seccara otomatis di penyimpanan dapat mempercepat kinerja penampil gambar untuk disajikan kepada pengguna smartphone.

Kemudian pertanyaan selanjutnya, apakah yang terjadi (efek) terhadap memori (media penyimpanan) saat file thumbnail itu tleah tercipta di folder memori ?

1. Efek atau jawaban dari bertumpuk dan bertambahnya file thumbnail (thumbdata) pada memori yaitu semakin mempersempit ruang penyimpanan. secara sederhana dapat digambarkan bila anda punya 1 image maka akan tercipta 1 image thumbdata pula di folder thumbnail.

2. Karena semakin banyak image yang anda simpan maka secara otomatis pula file thumbdata akan menciptakan data di folder khusus thumbnail sehingga akan memberatkan kinerja Processor dan sistem dalam melaksanakan index data.

3. Memperlambat proses loading image saat sudah terlalu banyak image yang anda simpan. Logika sederhananya. semakin banyak image maka sejajar dengan banyaknya thumbdata yang tercipta. 


Dan yang terakhir, apakah dapat file di dalam folder thumbnail dihapus dan apa efeknya ?

1. Anda dapat menghapus semua file thumbdata di folder thumbnail dengan aman.

2. anda akan memiliki banyak space yang bertambah saat data thumbnail telah terhapus.

3. Karena Thumbnail data dapat disebut juga sebagai cache atau dapat aku bilang sebagai file sampah maka lebih baik hapus saja seluruh file yang ada di folder Thumbnail.

Efek yang terjadi ?

1. Karena file thumbdata terhapus, nantinya saat anda membuka galeri akan tampak menyerupai halaman kosong. Tapi jangan khawatir, itu hanya sementara saja. Sistem akan melaksanakan index file gambar ulang dan akan tampak menyerupai sedia kala.

2. sistem di ponsel anda akan semakin cepat kinerjanya dan enteng untuk dijalankan.

3. Space memori bertambah dan anda akan mencicipi perbedaan yang sangat signifikan ukuran space penyimpanan sebelum dan setelah anda mendelete file thumbdata di folder Thumbnail.

Kesimpulannya, jangan khawatir apabila anda ingin menghapus file thumbnail dan yang lebih menggembirakan lagi ruang penyimpanan anda akan bertambah space kosong yang tersedia. Semoga tips diatas bermanfaat untuk pembaca dunia android dan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah postingan ini ya...

Artikel Terkait