Selasa, 05 Desember 2017

Letak Geografis Indonesia Beserta Efek Dan Batas Wilayahnya

Tags

Indonesia ialah negara dengan posisi geografis yang strategis. Kenapa sanggup dikatakan demikian? Faktanya letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua dan 2 samudera. Hal ini menimbulkan Indonesia sangat strategis dan menjadi salah satu jalur perdagangan dunia. Pengaruh letak geografis Indonesia ini juga meliputi sejumlah aspek lain.

Secara geografis, Indonesia menjadi salah satu negara di benua Asia, lebih tepatnya lagi di daerah ASEAN atau Asia Tenggara. Indonesia juga termasuk negara kepulauan yang terdiri dari puluhan ribu pulau. Batas wilayah Indonesia pun berbatasan dengan beberapa negara tetangga menyerupai Malaysia, Singapura, Australia sampai Papua Nugini.

Luas wilayah Indonesia ialah 1,9 juta km persegi yang didominasi wlayah perairan sampai negara ini termasuk negara maritim. Selain itu terdapat benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia yaitu benua Asia dan benua Australia yang memberi efek terhadap kondisi geografis dan geologis Indonesia.

Jika ditinjau dari letak astronomis Indonesia, posisi negara ini berada erat dengan garis khatulistiwa dan membentang cukup luas sampai memunculkan 3 zona pembagian waktu Indonesia. Lantas bagaimana dengan letak Indonesia secara geografis dan apa sajakah efek letak geografis Indonesia ditinjau dari banyak sekali aspek dan faktor?

Indonesia ialah negara dengan posisi geografis yang strategis Letak Geografis Indonesia Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

Letak Geografis Indonesia


Letak geografis Indonesia berada di posisi silang yaitu diapit oleh dua benua (Asia dan Australia) serta diapit oleh dua samudera (Pasifik dan Hindia). Berikut klarifikasi lengkap mengenai letak Indonesia secara geografis.

Indonesia Diapit oleh Dua Benua yaitu Asia dan Australia


Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Hal ini menciptakan posisi Indonesia cukup unik sebab mempunyai kedekatan baik dengan negara negara di benua Asia maupun negara negara di benua Australia. Benua Asia berada di wilayah barat maritim negara Indonesia, sedangkan benua Australia berada di arah tenggara Indonesia.

Negara Indonesia pun berbatasan dengan negara negara di benua Asia menyerupai Malaysia dan Singapura, namun juga berbatasan dengan negara negara di benua Australia menyerupai Australia dan Papua Nugini. Letak Indonesia secara geografis ini cukup strategis sebab berdekatan dengan negara negara penting.

Indonesia Diapit oleh Dua Benua yaitu Pasifik dan Hindia


Indonesia terletak di antara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Letak Samudera Hindia berada di arah barat daya negara Indonesia, sedangkan letak Samudera Pasifik berada di arah timur maritim wilayah geografis Indonesia.

Posisi geografis Indonesia yang diapit dua samudera menimbulkan adanya pembagian trend Indonesia menjadi 2 trend yaitu trend kemarau dan trend penghujan. Letak Indonesia yang berada di antara dua samudera juga menghipnotis kondisi iklim maritim di Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia


1. Terdapat pergantian 2 trend yaitu trend hujan dan trend kemarau, hal ini diakibatkan sebab adanya perubahan angin muson yang bertiup

2. Kondisi alamnya beriklim laut, hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari 2 samudra besar dengan wilayah yang berbentuk kepulauan, sehingga banyak memperoleh efek angin maritim yang mendatangkan hujan

3. Karena terdiri dari 2 benua besar, maka sedikit banyaknya Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya asing, baik dari segi alat musik, film atau cara berpakaian

4. Indonesia mempunyai kekayaan tanaman dan fauna yang menjadi potensi utama dalam keterlibatan di dunia perdagangan Internasional

5. Karena terletak pada lipatan muda, maka Indonesia mempunyai kekayaan sumber daya materi tambang, berupa minyak bumi dan gas

6. Indonesia mempunyai relasi yang baik dan aktif di bidang politik Internasional sebab jalan masuk yg dimiliki cukup mudah

7. Indonesia mempunyai banyak kawan dalam perdagangan sebab terletak di posisi silang yang strategis. Hal ini menimbulkan Indonesia mempunyai perekonomian yang cukup berkembang sebagai negara Berkembang dengan Industri yang cukup baik.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis


  • Batas wilayah Indonesia serpihan barat berbatasan dengan Samudera Hindia.
  • Batas wilayah Indonesia serpihan timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Papua Nugini.
  • Batas wilayah Indonesia serpihan utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, Selat Malaka, Singapura, Laut Cina Selatan dan Malaysia Timur.
  • Batas wilayah Indonesia serpihan selatan berbatasan dengan Australia, Laut Timor Timur, Samudera Hindia dan Laut Arafura.

Itu tadi sedikit klarifikasi mengenai letak geografis Indonesia beserta batas wilayah Indonesia secara geografis dan efek letak geografis Indonesia. Tentunya dengan posisi yang strategis harus dimanfaakan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sekian informasi geografi kali ini, biar sanggup bermanfaat.

Artikel Terkait