Rabu, 04 Februari 2015

Makna Processor Quad Core Di Smartphone

Tags

Dalam dunia smartphone juga mengenal apa itu processor. dimana kiprah semuanya ditangani dan terpusat pada Processor layaknya computer-computer PC. maka dari itu processor dinamakan otaknya komputer. Nah, Sekarang dunia android akan mengulas makna processor quad core di smartphone android yang kini sudah banyak penggunanya. 


Smartphone baik itu android maupun dengan sistem operasi lainnya niscaya memakai inti proses yakni processor. jikalau dahulu ada processor dengan single core, lalu dual core dan kini quad core yang sedang hangat-hangatnya di pasaran. lalu maksudnya quad core itu apa?

begini kebijaksanaan sederhananya, apabila kita umpamakan 1 smartphone memakai 1 core atau single core ia akan menjalankan tugasnya pada satu jalur dan pada dual core akan sama dengan 2 smartphone yang sedang melaksanakan tugasnya. jikalau 4 berarti ya 4 smartphone yang sedang menjalankan aplikasi multitasking (bersamaan). 

Namun, tidak dapat sesimple itu kita membayangkan kecepatan dari processor dan kinerjanya, ada sebuah sistem yang dinamakan hyper threading. yakni dimana proses data yang melewati processor didorong untuk dapat memakai banyaknya core yang tersedia di satu waktu. Bila processor quad core tidak mempunyai fitur hyper threading maka proses data hanya bekerja di satu core sedang core kedua hingga ke empat akan menunggu proses selanjutnya.
Aplikasi yang berjalan juga memilih apakah aplikasi itu dapat bekerja di multi core atau tidak. Contohnya aplikasi chrome, aplikasi itu dapat berjalan bersamaan walau berapapun jumlah core dari processor. Chrome akan semakin cepat kinerjanya bila memakai core yang lebih tinggi alasannya semua akses core dipakai secara bersamaan. 

jadi selain jumlah core dari suatu processor, teknology hyperthreading serta pemberian aplikasi itu sendiri yang dapat memaksimalkan kinerja dari suatu processor. Bila dalam pembahasan diatas kita membahas processor quad core maka sebaiknya selidik dulu apakah processor quad core tersebut mempunyai fitur hyper threading atau tidak untuk menjamin kelancaran dan kecepatan laju smartphone sobat. 

Artikel Terkait