Jumat, 15 Mei 2015

Apa Itu Wireless Charger Di Ponsel ?

Tags

Apa itu wireless charger di Ponsel ?. Teknologi yang semakin maju kini ini seakan semua tiada yang mustahil untuk diwujudkan. bila dikala ini kita sudah familiar dengan charge ponsel memakai dongle charge yang dicolokkan ke ponsel sebagai alat pengisi daya, maka berkat kemajuan teknologi terkini kini mengisi daya tanpa kabel alias wireless. 

Wireless charge Qi

Smartphone high end yang mendukung wireless charge menyerupai Google, Samsung Galaxy S4 dan Nokia Lumia 920. Teknologi Pengisian daya tanpa kabel tampak begitu istimewa bagi sebagian pengguna dan ada yang pesimis dengan teknologi gres tersebut. Sebenarnya bagaimana cara kerja wireless charge itu bahwasanya ? 

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan teknologi charge tanpa kabel ini, Aliran daya mengalir melalui induksi medan magnet dari alat charge ke Ponsel. Medan magnet mengalirkan daya dan diterima ponsel yang dilengkapi dengan plat akseptor induksi sehingga terjadi pedoman daya menuju baterai ponsel. Sejatinya walau dinamakan wireless alat pengisi daya ini tetap saja memakai kabel untuk menancapkan daya dari sumber arus Listrik. Terkadang hal ini malah menciptakan ribet atau kerumitan tersendiri dibanding pribadi memakai alat charge umumnya.

Tidak semua alat wireless charge dapat bekerja untuk ponsel yang juga memakai teknologi ini. Ada tiga standart yang ada dikala ini supaya charge dapat bekerja menyerupai yang diinginkan, standart yang dikala ini dipakai adalah Qi, PMA -Power matter Alliance Powermat dan A4WP. Dimana apabila dongle mengadopsi salah satu atandart tersebut maka ponsel juga harus memakai standart yang sama. Karena teknologi ini masih dalam tahap pembangunan ternyata ada saja duduk kasus yang dihadapi vendor ponsel untuk mengadopsi teknologi charge tanpa kabel ini, contohnya Google yang dikala ini memggunakan standart teknologi PMA powermat ternyata harus memakai standart Qi di alat charge-nya. charge yang dipakai pada Google Nexus 4 yang memakai standart Qi sebab diproduksi pabrikan LG.

Nah, sudah tahu kan bagaimana dan apa itu wireless charge di ponsel bekerja ?. semoga sedikit ulasan diatas bermanfaat bagi teman Dunia android.
Baca juga : Bahaya Charge sambil Online

Artikel Terkait