Sabtu, 29 Agustus 2015

Apa Itu Fungsi Proximity Sensor Di Ponsel

Tags

Tahukah anda mengapa Ponsel android atau smartphone terkini apabila kita melaksanakan telepon layar ponsel padam ?. Namun saat kita jauhkan dari indera pendengaran saat melaksanakan telepon layar kembali menyala ?. Itu ialah kinerja dari sensor jarak yang biasa disebut Proximity sensor. Dimana sensor ini sangat berkhasiat sekali untuk kinerja tepelon saat digunakan aktifitas telepon. Bisa dibayangkan seandainya kita menelepon namun layar tetap menyala tentu saja tombol-tombol di layar touchscreen akan terpantik bahkan menguras isi baterai sebab nyala layar secara terus menerus.

 Tahukah anda mengapa Ponsel android atau smartphone terkini apabila kita melaksanakan telepo Apa itu Fungsi Proximity sensor di Ponsel

Dimanakah letak Proximity sensor di smartphone itu bekerjsama ?. Letak Proximity sensor umumnya ada di bersahabat speaker atas. Sensor tersebut mempunyai dua kamera kecil yang berfungsi sebagai penala. Makara saat kita melaksanakan telepon dan mendekatkan ponsel ke indera pendengaran maka secara otomatis layar akan redup / mati, namun saat kita jauhkan dari indera pendengaran maka layar akan menyala kembali. Sebenarnya bukan hanya indera pendengaran yang dapat mematikan layar saat melaksanakan aktifitas telepon, Namun benda apa saja yang penting menutupi area Proximity sensor tentu layar akan mati. Silahkan dicoba, saat anda menelepon letakkan jari anda persis di depan sensor ( berupa titik bulat kecil 2 letaknya berjajar di samping speaker depan ) dan layarpun akan padam seketika.


Proximity sensor sendri di smartphone difungsikan sebagai pengaman touchscreen dari aktifitas sentuhan. jadi saat anda menelepon dengan memakai headset secara otomatis Proximity sensor tidak akan berfungsi walaupun anda menutupinya berkali-kali. Proximity sensor sendiri bekerjsama banyak diaplikasikan ke banyak perangkat, bukan hanya samrtphone tapi sensor untuk segala keperluan otomotif, pertambangan, alat kedokteran, bangunan, proyek luar angkasa, alat militer dan lain sebagainya. 


Sensor gerak sangatlah berfungsi dalam aneka macam bidang aplikasinya, semisal sensor jarak atau Proximity sensor diaplikasikan ke kendaraan beroda empat maka sensor tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi jarak saat kendaraan beroda empat ingin parkir maupun mengukur jarak antar kendaraan. Proximity sensor dapat meminimalkan banyaknya perangkat aksesori dan meminimalkan resiko kontak pribadi suatu perangkaat dengan alat sebab berbatas jarak.

Nah, jadi tahu kan apa itu Proximity sensor dan fungsinya di smartphone ?, agar ulasan diatas bermanfaat. jangan lupa baca tips menarik serta ulasan yang bermanfaat lainnya di bawah artikel ini.

Artikel Terkait