Sabtu, 29 Agustus 2015

Membuat Custom Header Pada Excel

Tags

Dalam pembuatan surat resmi sering kita kenal istilah bab kepala surat yang  berisikan nama organisasi, logo organisasi, alamat lengkap organisasi. Istilah ini di dalam pembuatan surat resmi dengan memakai aplikasi pengolah kata maupun pengolah angka sanggup dibentuk dengan gampang dengan memakai akomodasi header. Namun, pada prinsipnya header di dalam aplikasi atau jadwal pengolah kata (Microsoft Word) dan pengolah angka (Microsoft Excel) sanggup dipakai untuk menciptakan keterangan atau isu tertentu yang letaknya berada di bab paling atas dari sebuah halaman.

Fungsi dan tujuan dari menciptakan custom header pada Microsoft Excel antara lain sanggup dipakai untuk pembuatan Kop Surat otomatis, bab atas halaman (header) akan terprint dengan otomatis tanpa harus menciptakan header gres pada cara menciptakan header manual, serta untuk keperluan lainnya sesuai kebutuhan.

Pada pembuatan Custom Header pada Microsoft Excel anda sanggup menciptakan header secara lebih rinci pada bab kiri, tengah atau kanan dari bab atas halaman. Misalnya pada bab kiri header halaman berisi gambar atau goresan pena tertentu, bab tengah header berisi gambar, foto, simbol, link atau alamat file, link halaman website, nama file, dan lain sebagainya. Serta dibagian kanan header juga sanggup anda atur tersendiri sesuai keinginan.

Berikut ini ialah cara menciptakan custom header pada Microsoft Excel. Perlu dijelaskan terlebih dahulu bahwa perangkat lunak atau software Microsoft yang dipakai pada pola menciptakan custom Header berikut ini ialah Microsoft Office Excel 2013. Meskipun demikian, cara menciptakan custom header pada Excel berikut ini sanggup anda terapkan pada Microsoft Office Excel versi yang lainnya.

Bagaimana cara menciptakan custom header pada Microsoft Excel?

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk menciptakan custom Header pada Microsoft Excel

Untuk menciptakan custom header
  • Klik pada Menu PAGE LAYOUT
  • Pilih Page Setup

  • Muncul jendela Page Setup
  • Pilih tab sajian Header/Footer
  • Klik Custom Header
 Dalam pembuatan surat resmi sering kita kenal istilah bab kepala surat yang  Membuat Custom Header pada Excel


  • Muncul jendela Custom Header untuk mengatur Header atau bab atas dari sebuah halaman pada Microsoft Excel

 Dalam pembuatan surat resmi sering kita kenal istilah bab kepala surat yang  Membuat Custom Header pada Excel

Atur dan settinglah custom header dari halaman kerja Excel anda sesuai dengan kebutuhan dan impian pada jendela Custom Header

Klik Ok jikalau sudah selesai

Untuk melihat hasil settingan custom Header pada Microsoft Excel anda sanggup melakukannya dengan cara melihat kesudahannya pada tombol Print Preview.

Setelah simpulan menciptakan custom header dengan langkah-langkah di atas, lakukanlah uji coba untuk melihat kesudahannya terlebih dahulu pada print Preview. Apabila kesudahannya tidak sesuai dengan impian anda. Misalnya pada header halaman yang memakai gambar, foto atau logo umumnya goresan pena yang ada pada lembar kerja Excel akan terpotong alasannya adanya gambar. Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah pengaturan pada pengaturan Page Setup pada margin atas. Sesuaikan margin atas semoga custom header tidak menggangu tabel atau isi dari lembar kerja Excel.

 Dalam pembuatan surat resmi sering kita kenal istilah bab kepala surat yang  Membuat Custom Header pada Excel

Cara yang gampang bukan untuk menciptakan custom header pada Microsoft Office Excel. Dengan demikian header halaman ini akan otomatis ada pada halaman berikutnya. Selamat berkarya.

Artikel Terkait