Jumat, 08 Januari 2016

Cara Flash Lenovo A316i Di Windows 8

Tags

Perawatan smartphone dengan sistem android memang dapat dibilang gampang daripada ponsel pendahulunya. dari beberapa pengalaman merepair ponsel, smartphone dengan sistem android jikalau perlu melaksanakan flashing ulang sangat simple sekali tanpa memerlukan box khusus ibarat ponsel dengan sistem operasi java maupun symbian. Kali ini saya akan membahas perihal cara flashing Lenovo a316i via PC dengan pemberian software flashing yaitu SP Flash Tool.

 Perawatan smartphone dengan sistem android memang dapat dibilang gampang daripada ponsel pen Cara Flash Lenovo a316i di Windows 8

Murni dari pengalaman saya pribadi, yang memang sudah semenjak usang memiliki ponsel android lenovo a316i yang dapat dibilang ponsel murah tapi sangat tangguh. Mengapa Lenovo a316i punya admin perlu dilakukan flashing ulang ?, jawabannya lantaran firmware corrupt dan tidak dapat booting secara tepat walau sudah saya lakukan recovery via ponsel itu sendiri. Kaprikornus jalan satu-satunya ialah menginstall ulang kembali ( flash ) firmware supaya fresh dan dapat dipakai ibarat layaknya gres beli.

Walau dapat dibilang produk yang badung dan awet, lenovo a316i dapat saja terjadi error sistemnya lantaran beberapa lantaran karena RAM yang hanya 512MB. Dengan banyaknya alikasi yang dijejalkan ke smartphone, apalagi game-game dengan asupan RAM yang tinggi mengakibatkan lenovo a316i milik saya menjadi gila dan lemot yang alhasil sering restart dengan sendirinya.

Jalan satu-satunya untuk menciptakan Lenovo a316i saya bekerja secara normal dan lancar maka perlu dilakukan flashing ulang. Mau tahu cara flash smartphone android lenovo a316i bagaimana ?, silahkan simak caranya di bawah ini. O iya, nanti file flasing sengaja saya ambil dari situs lain lantaran ukurannya yang mencapai 500an MB, jadi saya tiddak sempat upload ulang firmware yang diperlukan. Tapi hening saja, semua sudah saya coba dan berhasil dengan sempurna.

1. Untuk persiapan awal, siapkan PC minimal windows XP. Kali ini saya memakai PC dengan OS windows 8.

2. siapkan pula kabel data yang masih anggun koneksinya, dapat kabel bawaan ponsel.

3. untuk keperluan flashing, anda perlu mempersiapkan driver ponsel yang dapat diunduh disini.

4. Unduh pula firmware atau stock Rom Lenovo A316i disini ,Bila memerlukan password silahkan masukkan passwordnya 'Localtechno' tanpa tanda petik.

5. Untuk alat flashing, unduh software flash yang berjulukan SP Flash Tool, ada di paket nomor 4.

6. Bila semua telah terunduh, pertama kali silahkan install driver MTK lenovo a316i di PC ( saya berasumsi anda sudah dapat melaksanakan agresi install di PC teman )

7. lalu ekstrak semua file yang anda unduh ke dalam satu folder khusus di drive PC supaya gampang mencarinya.

8. Jalankan aplikasi SP Flash Tool dengan mode administrator, caranya klik kanan aplikasi dan pilih 'run as administrator'

9. Setelah aplikasi terbuka dengan sempurna, silahkan klik tombol Scatter-loading dan pilih file scatter dari a316i yang telah anda ekstrak tadinya, ciri-ciri filenya ekstensi 'txt. dengan ukuran file lebih dari 500MB.

 Perawatan smartphone dengan sistem android memang dapat dibilang gampang daripada ponsel pen Cara Flash Lenovo a316i di Windows 8

10. Setelah berhasil menentukan file Stock Rom Tunggu hingga loading file sempurna

11. Kemudian hilangkan tanda centang pada 'Pre-loadder' dan biarkan semua centang persis ibarat pada defaultnya.

 Perawatan smartphone dengan sistem android memang dapat dibilang gampang daripada ponsel pen Cara Flash Lenovo a316i di Windows 8

12. sesudah semua siap,pastikan ponsel dalam keadaan mati dan baterai di dalamnya ( walau tanpa baterai juga dapat ), klik tombol 'download'

13. Tancapkan kabel data yang terhubung ke PC, Hubungkan kabel data ke ponsel.

14. Bila software flashing merespon, maka akan ada status kafe yang berjalan yang membuktikan proses download dari PC ke Ponsel sedang dilakukan. 

 Perawatan smartphone dengan sistem android memang dapat dibilang gampang daripada ponsel pen Cara Flash Lenovo a316i di Windows 8

15. Bila proses flashing berhasil 100 persen maka akan ada kotak notifikasi yang membuktikan proses flas berhasil.

16. Ketika ponsel sudah roboot, anda dapat mencopot kabel data dari ponsel dan menunggu ponsel sedang melaksanakan optimising sistem.

17. Tunggu hingga loading tepat dan ponsel lenovo a316i sudah siap di lakukan setting ibarat awal dikala kita membeli smartphone.

Walau terlihat gampang jangan melaksanakan proses flashing jikalau anda tidak yakin. Karena ponsel yang gagal flasing dapat berakibat matot alias mati total. Segala resiko dari tutorial diatas ialah atanggung jawab anda sendiri walaupun dalam kasus ini saya sudah berhasil melaksanakan flashing terhadap smartphone milik saya yaitu Lenovo a316i.

Semoga tutorial perihal cara melaksanakan flash Lenovo a316i diatas bermanfaat. Untuk pertanyaan silahkan sampaikan ke dalam kotak komentar di bawah artikel ini. Terima kasih.

Artikel Terkait