Kamis, 14 April 2016

Apa Itu End-To-End Encrypted Di Inbox Whatsapp ?

Tags

Mungkin anda sebagai pengguna whatsapp saat melaksanakan inbox ada notifikasi si bawah pesan yang terkirim bertuliskan "Messages you send to this chat and calls are Now secured with end-to-end encryption.tap more info" ? atau bila whatsappa yang berbahasa indonesia tulisannya "Pesan yang yang terkirim dan panggilan kini diamankan dengan enkripsi end-to-end" , apa maksudnya ? dan apa itu enkripsi end to end yang dimaksud di dalam inbox whatsapp ?

 Mungkin anda sebagai pengguna whatsapp saat melaksanakan inbox ada notifikasi si bawah pes Apa itu End-to-end Encrypted di inbox Whatsapp ?

Seperti diketahui, bahwa dalam rilis versi terbarunya, whatsapp menyertakan fitur canggih yaitu melaksanakan enkripsi searah, dimana pesan serta panggilan kepada lawan inbox akan dienkripsi ( diamankan ) semaksimal mungkin tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Dimana pengirim pesan tidak perlu khawatir lagi message atau percakapannya bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan server whatsapp sendiripun menyatakan bila pesan yang terkirim tidak akan sanggup dibaca oleh servernya alasannya ialah sistem enkripsinya pribadi antara pengirim dengan si penerima.

Pengguna tidak perlu melaksanakan settingan apapun untuk memakai fitur end to end encrypted ini alasannya ialah whatsapp sudah menyertakan fitur ini saat si pengirim melaksanakan aktifitas perpesanan maupun panggilan ke pihak akseptor secara otomatis.

Fitur end to end enkripsi ini sanggup dinikmati oleh pengguna yang sudah melaksanakan update pada versi terbaru. Fitur ini tidak akan berlaku apabila si pengirim dan si akseptor pesan atau panggilan salah satunya tidak memperbarui versi aplikasi-nya. Jadi, kedua pengguna yang melaksanakan inbox maupun panggilan harus memakai versi terbaru whatsapp.



Sekilas mengenai enkripsi dalam dunia message, dimana suatu teks akan terkirim bukan dalam bentuk teks yang sanggup terbaca (plainteks ), namun teks tersebut sudah mengalami enkripsi atau perubahan dari bentuk awalnya yang tidak sanggup dibaca ( chiperteks). dan sehabis teks dalam bentuk terenkripsi diterima kepada nmor yang dituju maka di perangkat tersebut terjadi Decryption ( dekripsi ) teks dari bentuk chiperteks ke bentuk awalnya yaitu plainteks yang sanggup dibaca.

Metode-metode enkripsi sudah biasa dipakai dalam dunia messaging semoga keamanannya terjamin dan tidak sembarang orang sanggup membacanya. Beberapa metode enkripsi ada beberapa jenis menyerupai Enkripsi AES, SHA, RC4, RC6 dan lain sebagainya. Dimana setiap enkripsi memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda dalam implementasinya.

Nah, bagi anda yang belum melaksanakan update whatsapp dengan versi terbaru, sesegera mungkin melaksanakan pembaruan aplikasi semoga sanggup menikmati akomodasi secured end to end Encrypted dari aplikasi whatsapp. Semoga gosip aplikasi milik Google diatas bermanfaat bagi pembaca Dunia android semua.

Artikel Terkait