Selasa, 28 Juni 2016

Memperbaiki Adaptor Laptop Universal

Tags

Saya memiliki beberapa laptop usang yang adaptornya hilang entah kemana, kemudian ketika itu memutuskan untuk membeli  adaptor laptop universal, biar sanggup digunakan kemana-mana, Maksudnya satu adaptor sanggup digunakan ke semua merek, 
Tinggal mengganti dan menyesuaikan colokan listrik yang ke laptopnya kemudian menyesuaikan tegangan outputnya (ada selektor switch untuk menentukan tergangan listrik output DC).

Tentu saja ketahanan adaptor ini tidak sebagus adaptor bawaan laptop yang orisinil. lantaran harga adaptor universal ini jauh lebih murah, jadi aku maklumi ketika gres setahun pemakaian adaptor  ini sudah rusak, lantaran pemakaiannya sering dan juga harus melayani laptop dengan tegangan yang berbeda-beda.


Sebelum diputuskan untuk dibuang, aku coba untuk membuka casingnya barangkali kerusakannya ringan dan sanggup diperbaiki sendiri. Dan ternyata benar, kerusakannya eksklusif ketemu yaitu ada solderan di salah satu IC Power yang rapuh/pecah. Hal ini biasa terjadi pada pada circuit board dengan tegangan atau arus tinggi, atau lantaran panas berlebih.

Perbaikannya hanya dengan menyolder ulang/menimpa solderan yang pecah tadi, tentunya dengan memakai alat solder dan timahnya.

Barangkali teman-teman ada kesamaan masalah dengan adaptor laptop universalnya,  jangan dulu dibuang!, siapa tahu disebabkan oleh hal yang sama menyerupai dengan yang aku alami, lantaran perbaikannya sangat mudah.

Lengkapnya yang aku lsayakan :

 Lepaskan/copot kabel power input (kabel colokan ke listrik).
 Buka skrup pengunci casing memakai obeng

Letak sekrup untuk membuka casing

 Buka casing epilog dengan cara mencongkelnya, sanggup memakai obeng minus yang berukuran agak besar.

Yang ditunjukkan oleh tanda panah ialah solderan yang pecah pada kaki IC powernya.
tidak terlalu kelihatan, tapi jikalau dizoom sangat terperinci sekali 



Pantas saja adaptor tidak berfungsi, lantaran sesudah dizoom penampakannya menyerupai berikut ini:

Penampakan Solderan pada adaptor notebook universal yang rusak sesudah diperbesar 50X
 Perbaikannya disolder ulang



 Setelah yakin solderan bagus, tutup kembali epilog casing, pasang dan kencangkan sekrupnya.



Barangkali teman-tema ada kesamaan kasus, sanggup dicoba.

catatan:
Penyebab kerusakan sanggup berbeda-beda, sanggup komponennya yang rusak/terbakar. Tetapi untuk yang bekerjasama dengan voltage regulator (adaptor masuk dalam katagori voltage regulator), sering lantaran hanya solderan yang pecah/terbakar pada kaki komponen power utamanya..



Artikel Terkait