Sabtu, 12 Agustus 2017

Macam Macam Jenis Genre Musik Populer

Tags

Di era modern ketika ini, musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Tiap harinya kita mendengarkan musik, baik lewat handphone, TV atau media lain. Musik sudah ada semenjak zaman dahulu. Dan seiring perkembanganya, banyak jenis dan aliran musik yang eksis. Genre musik menyerupai pop, rock, R&B atau hip hop memang sudah terkenal semenjak beberapa dekade lalu. Namun aliran musik lain menyerupai metal, jazz, country atau reggae juga tidak kalah.


Tiap orang tentu mempunyai selera musik masing-masing. Penggemar musik rock mungkin tidak akan suka dengan reggae atau jazz. Sebaliknya, para fans genre reggae mungkin tidak akan betah lama-lama mendengar lagu lagu rock. Hal ini lah yang menciptakan banyak genre musik yang populer, seiring dengan makin meluasnya mindset dan selera para penggemar musik.

Tidak ada penjabaran aliran musik yang resmi. Namun secara umum, musik bisa dibedakan dari beberapa faktor teknis, menyerupai nada dan irama, tempo lagu hingga instrumen yang digunakan. Contoh pengelompokkan berdasarkan nada dan irama contohnya genre musik hip hop yang mempunyai nada nge-beat, yang berbeda dengan musik country dengan irama khas western. 

 musik tidak bisa dipisahkan dari kehidupan insan Macam Macam Jenis Genre Musik Populer

Sementara untuk tempo lagu bisa dicontohkan dari aliran musik reggae yang mempunyai tempo yang lambat, yang berkebalikan dengan lagu lagu metal yang cepat. Sementara untuk instrumen sanggup diambil pola musik jazz, yang banyak memakai instrumen trumpet.

Hingga ketika ini ada banyak macam macam genre musik yang populer. Dari sekian banyak list yang ada, akan coba kami klasifikasikan berdasarkan beberapa genre musik utama yang banyak dikenal masyarakat, atau dalam hal ini, para penggemar musik.

Jenis Jenis Genre Musik

Blues

Musik blues sudah ada semenjak kala 19. Genre musik ini lekat kaitannya dengan aliran jazz, folk dan rock n’ roll. Blues juga kerap dikombinasikan dengan genre lain sehingga menghasilkan warna musik baru, sebut saja menyerupai blues rock, country blues atau soul blues. Terdapat beberapa musisi blues yang eksis dan berpengaruh, menyerupai Ray Charles, Aretha Franklin, B. B. King, Jimmie Vaughan, Jeff Baxter dan Eric Clapton.

Country

Merupakan musik orisinil negara Amerika Serikat bab selatan. Country sangat dekat kaitannya dengan musik western dan sering mengiringi film film cowboy. Ciri khas lainnya yaitu penggunaan instrumen senar, menyerupai banjo dan akustik gitar. Di era modern ini, country kian terkenal dan menjadi salah satu genre favorit di Amerika. Beberapa musisi country terpopuler yaitu Johnny Cash, Kenny Rogers, Tim McGraw, Carrie Underwood dan Taylor Swift.

Electronic

Musik electronic mempunyai artian yang cukup luas, namun secara umum sanggup diartikan sebagai musik yang memakai instrumen dan teknologi elektronik. Beberapa subgenre terkenal dari electronic antara lain ialah disco, house, techno, DJ dan trance. Aliran musik ini banyak diputar di klub klub atau ketika ekspo EDM (electronic dance music). Beberapa musisi electronic yang kuat menyerupai Depeche Mode, The Human League, Daft Punk atau David Guetta.

Folk

Folk sudah ada semenjak selesai 1890-an, namun gres mulai berkembang di awal 1900-an. Folk dekat kaitannya dengan musik tradisional di masing-masing negara, Tak heran kalau jenis musik ini kerap disebut traditional folk atau contemporary folk. Folk bisa dipadu dengan genre lain, dan menghasilkan fusion musik baru, menyerupai folk rock, electric folk dan folk metal. Musisi folk paling terkenal antara lain ialah Bob Dylan, John Denver, Julie Lester, dan Tracy Chapman.

Hip hop

Hip hop menjadi salah satu aliran musik terpopuler ketika ini. Jenis musik ini sangat lekat dengan teknik musik rap, yaitu teknik menyanyi dengan tempo cepat dan lirik yang padat. Hip hop kini sudah menjadi sebuah culture, yang pertama dipopulerkan oleh golongan kulit gelap yang menetap di Amerika. Beberapa penyanyi dan grup band beraliran hip hop terbaik menyerupai Eminem, Public Enemy, Beastie Boys, Ice Cube, Notorious B.I.G. dan OutKast yang kerap menghasilkan lagu rap terbaik.

Jazz

Aliran ini mempunyai beberapa karakteristik, mulai dari tempo yang slow, irama yang easy listening hingga penggunaan instrumen trumpet. Lagu lagu jazz banyak ditemui di kafe-kafe dan bar. Berbagai subgenre dari jazz antara lain yaitu swing, smooth jazz, funk jazz dan masih banyak lagi. Nama-nama musisi menyerupai Louis Armstrong, Miles Davis, John Coltrane dan Freddy Hubbard.

Latin

Jelas mendengar kata latin, maka kita akan teringat dengan negara Spanyol atau negara-negara di tempat Amerika Latin. Begitu pula dengan jenis musik latin yang memang berasal dari sana. Musik latin kini telah merambah banyak sekali negara di dunia. Musisi menyerupai Shakira dan Enrique Iglesias kini juga bisa sukses secara internasional.

Metal

Metal terkenal dengan tempo cepat dan instrumen yang keras. Selain itu lagu lagu metal juga kerap memakai lirik lirik lagu yang kasar, angker dan horor. Meski begitu, musik metal tidak kehilangan minat. Banyak terdapat subgenre musik metal, menyerupai death metal, hardcore, metalcore, progressive metal, thrash metal dan nu metal. Band-band menyerupai Black Sabbath, Metallica, Iron Maiden dan Megadeth kerap disebut sebagai musisi metal paling berpengaruh.

Pop

Sejak dulu, pop bisa disebut sebagai jenis musik paling populer. Bahkan nama pop sendiri bahwasanya merupakan kependekan dari kata popular. Musik pop sendiri tidak mempunyai ciri khas khusus, dan kadang malah mempunyai karakteristik identik dengan aliran lain. Namun secara umum musik pop kerap memakai instrumen gitar, bass dan drum. Michael Jackson dan Madonna, sering disebut sebagai popstar terpopuler sepanjang masa.

Punk

Jenis musik punk pertama terkenal semenjak tahun 1970an. Punk merupakan pengembangan dari musik rock. Ciri khasnya ialah lagu dengan durasi pendek dan tempo yang super cepat, serta melodi yang keras. Ramones, Sex Pistols, The Clash, Blink-182 atau Green Day ialah grup band band punk terpopuler.

R&B 

Rhythm and blues, atau disingkat R&B, pertama dipopulerkan semenjak tahun 1940an. R&B bermetamorfosis salah satu genre musik populer, bahkan hingga era modern ketika ini. R&B juga kerap dikaitkan dengan subgenre electric, gospel dan soul. Berbagai musisi R&B yang terkenal yaitu Stevie Wonder, Mariah Carey, R. Kelly dan Whitney Houston.

Reggae 

Jamaika merupakan negara awal terbentuknya musik reggae. Jenis musik ini dikenal dengan tempo yang lambat dengan lirik lagu yang mengutamakan kebebasan. Saat ini, musik reggae memang tidak begitu diminati, namun masih banyak komunitas reggae yang ada di beberapa negara. Bob Marley, hingga ketika ini masih menjadi musisi reggae paling kuat sepanjang masa.

Rock 

Rock menjadi aliran musik terpopuler selama beberapa dekade. Terdapat banyak turunan musik dari genre musik rock, salah satunya punk dan metal. Rock sendiri juga mempunyai beberapa subgenre, sebut saja alternative rock, indie rock, glam rock, psychedelic rock, rock n’ roll, britpop, grunge dan masih banyak lagi. Band-band menyerupai The Beatles, The Rolling Stone, Pink Floyd, Queen, Nirvana atau Led Zeppelin masih mendominasi jajaran band rock terbaik hingga sekarang.


Dari banyaknya jenis genre musik di atas, bahwasanya masih ada genre lain yang mungkin kurang disorot dan hanya ada di beberapa negara saja. Di Indonesia misalnya, ada aliran musik dangdut. Di negara-negara Asia juga ada genre K-Pop (Korean Pop) dan J-Pop (Japanese Pop). Lantas dari banyaknya genre dan subgenre musik yang mencapai ratusan, genre apa yang paling Anda sukai?

Artikel Terkait