Rabu, 20 September 2017

7 Cara Menghemat Baterai Dikala Main Game Berat Di Smartphone

Tags

DuniaAndroid.com - Tips Hemat Baterai Android ketika Main game Berat. Banyaknya aplikasi Game smartphone dikala ini memang menarik hati bagi para penggemar aplikasi permainan untuk selalu memainkannya, bahkan waktu terasa kurang walau sudah main game di depan smartphone berjam-jam. Di balik asiknya memainkan game di smartphone tentunya akan berimbas pada sisi kinerja hardware yang paling vital ialah Baterai.

Tips Hemat Baterai Android ketika Main game Berat 7 Cara menghemat Baterai Ketika Main Game Berat di Smartphone

Walaupun dikala ini banyak pabrikan smartphone telah memakai chipset berteknologi canggih yang hemat daya namun yang namnya pengguna tenetu tidak lekas puas dengan kinerja gadgetnya. Inginnya baterai super hemat daya dan sebisa mungkin dapat bermain game berjam-jam tanpa isi ulang daya.

Diantara salah satu penyebab borosnya daya baterai di smartphone, entah itu bersistem android, iOS maupun sistem yang lain disebabkan salah satunya permainan game yang membutuhkan resource tinggi terhadap kinerja chipset, GPU, RAM, sensor dan perangkat yang berkaitan dengan Jenis game yang dimainkan.

Game smartphone dikala ini sudah menggeser dominasi dari game PC, Bahkan untuk produsen smartphone yang ingin cepat laris keras penjualannya selalu menunjukkan tambahan di balik iklan smartphone dengan kalimat Support game 3D maupun Game berkualitas HD.

Baca Juga

Game yang dikala ini banyak digemari dan lagi booming diantaranya Grand Theft, Pokemon Go, Clash of Clans (COC), Candy crush saga, Temple Run, Mobile Legends dan lain sebagainya. Dimana jenis game petualangan maupun MMOPRG sudah diakui sebagai permainan di smartphone yang membutuhkan resource hardware tinggi, baik itu bagi kinerja prosesor, besarnya RAM, kartu grafis yang tinggi spek-nya dan paling penting juga besarnya Ampere Baterai yang dipakai oleh smartphone.


Tips Hemat Baterai Android ketika Main game Berat 7 Cara menghemat Baterai Ketika Main Game Berat di Smartphone

Semakin besar nilai Ampere Baterai maka logikanya semakin usang pula durasi waktu bermain game yang dapat andda nikmati nantinya. Nah, bagi anda yang masih tidak ;uas dengan kinerja baterai dan ingin lebih menghemat daya ketika dipakai untuk bermain game silahkan simak tips di bawah ini.

1. Sesuaikan Kecerahan Layar

Cara paling gampang untuk menghemat pemakaian daya baterai dikala main game berat ialah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel.

Makara sebelum memulai permainan lakukan pengaturan pada tampilan khususnya pada settingan kecerahan layar. Menurunkan kecerahan layar disini bukan bermaksud menciptakan permainan anda merasa tidak enjoy, minimalkan saja kecerahan layar dari sisi Brighness dan contras ponsel anda seminimal mungkin asal anda masih bahagia dengan tampilan yang ada.

2. Minimalkan Volume Game

Bermain game di smartphone dengan bunyi yang keras mungkin bagi anda merupakan suatu kesenangan tersendiri, namun alangkah baiknya bila tujuan lainnya untuk menghemat daya baterai ketika melaksanakan permainan silahkan minimalkan bunyi biar pemakaian daya baterai.

3. Aktifkan Mode Hemat daya

Pada OS android versi terbaru dikala ini sudah ada fitur penghemat daya alias mode power saving. aktifkan fitur penghemat daya ketika main game berat bekualitas HD atau Petualangan yang membutuhkan durasi permainan yang usang biar baterai tidak lekas habis.



4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Opsi mematikan WiFi tidak sempurna bagi anda yang bermain game Online dengan menunpang jaringan Hotspot atau WiFi. Namun bila anda memakai mode jaringan dari kartu selular maka jangan lupa mematikan bluetooth dan WiFi yang masih menyala.

Keadaan Jaringan WiFi serta Bluetooth yang terus menerus menyala tanpa dipakai akan semakin menguras isi baterai lantaran proses searching atau pencarian jaringan di sekitar ponsel anda terus menerus dilakukan oleh gadget dan membutuhkan banyak daya.

5. Matikan semua aplikasi berjalan

Jangan lupa sebelum memulai permainan game di ponsel untuk mematikan semua aplikasi yang berjalan di background.

Umumnya para pengguna smartphone android ketika ingin keluar dari suatu aplikasi terbiasa hanya menyentuh tombol Home sehingga padda dasarnya aplikati masih berjalan di balik Layer tanpa disadari dan terus bekerja sehingga menguras daya baterai.

Anda dapat memanfaatkan fitur cleaner atau pribadi membersihkannya melalui layar utama dengan menekan tombol Home atau sajian beberapa detik dan tutup seluruh aplikasi yang berjalan sebelum memulai game.



6. Aktifkan Mode Terbang

Untuk opsi ini dapat anda gunakan untuk game bertipe Offline alias tanpa sambungan data internet. Dengan mengaktifkan Mode terbang maka seluruh koneksi jaringan yang ada akan dimatikan oleh sistem sehingga akan semakin menghemat penggunaan asupan daya baterai ketika bermain game di smartphone.

7. Siapkan Power Bank

Nah, jikalau opsi yang satu ini sesungguhnya hanya opsional namun jangan sering dilakukan, mengapa ? lantaran walaupun durasi anda bermain game semakin usang dengan santunan power bank yang dapat dibawa kemana-mana tentu tidak akan baik untuk kesehatan baterai anda.

Penggunaan power Bank secara terus menerus ketika anda seddang bermain game dapat merusak cell dan memperpendek umur baterai, bahkan baterai di ponsel usang kelamaan akan melembung dan semakin menurun kinerjanya.

Mungkin beberapa tips diatas dapat anda lakukan bila ingin menghemat pemakaian daya baterai ketika bermain game-game berat yang menguras isi baterai anda, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait