Minggu, 08 Juli 2018

Apa Fungsi 2 Titik Di Bersahabat Speaker Depan Hp Android?

Tags

Fungsi dua titik erat speaker di HP Android - Mungkin banyak pengguna HP Android yang bertanya-tanya apa fungsi dan nama 2 titik ibarat kamera di cuilan atas erat dengan speaker. Banyak yang menyangka kalau 2 titik tersebut yaitu kamera tambahan, ternyata bukan. Nah apa nama dan fungsinya?

Fungsi dua titik erat speaker di HP Android Apa fungsi 2 Titik di erat Speaker depan HP Android?

Di setiap ponsel pintar, memang sudah umum dipasang jenis sensor yang diletakkan di cuilan samping erat speaker. Kedua titik yang ibarat lensa kamera namun lebih kecil tersebut memiliki fungsi yang penting, salah satunya sebagai sensor dikala kita sedang melaksanakan telepon.

Nama dua titik erat speaker depan Smarpthone tersebut yaitu sensor Proximity. Dimana fungsinya untuk memadamkan layar dikala ponsel mendekat dengan indera pendengaran kala melaksanakan panggilan atau mendapatkan telepon.

Entah itu HP merek samsung, Xiaomi, OPPO, Lenovo, Asus dan lain sebagainya pastinya dilengkapi dengan sensor di erat speaker depan. Dimana memang tujuan utamanya untuk menghindari sentuhan terhadap layar dikala melaksanakan panggilan telepon.

Baca juga:

Sebagai contoh, dikala anda ingin melaksanakan panggilan atau mendapatkan telepon nantinya ponsel akan kita dekatkan ke telinga, nah dikala itulah sensor Proximity akan bekerja dan layar seketika akan padam untuk menghindari sentuhan hidangan di layar dikala kita sedang asik telepon.

Kalau tidak percaya sensor tersebut benar berfungsi memadamkan layar dikala telepon, silahkan coba lakukan panggilan ke nomor tertentu lalu dekatkan jari atau sengaja menutup kedua titik tersebut, niscaya dikala itu pula layar akan padam, dan ketika anda membukanya layar akan kembali menyala.

Adapun tipe Proximity Sensor yang ada di smartphone Android, iPhone, Blackberry dan sebagainya berjenis Sensor Proximity Optik, dimana sensor ini akan mendeteksi jarak objek dengan memanfaatkan Infra red.

Fungsi dua titik erat speaker di HP Android Apa fungsi 2 Titik di erat Speaker depan HP Android?

Sistem kerja Proximity sensor optik ini terdiri dari 2 kompnen penting yakni akseptor atau receptor dan cahaya, yang mana bila ada benda yang dalam jarak tertentu terdeteksi maka akan terjadi sebuah refleksi. Cahaya akan memantul kembali ke akseptor dan sensor akan memberitahukan sistem ada sebuah benda yang tertangkap.

Oleh lantaran itu kelemahan sensor ini biasanya ada pada dikala kondis kotor atau ada selubung yang menghalangi tingkat kepekaannya.

Makara jangan pernah melapisi kedua titik proximity sensor dengan lapisan yang pekat lantaran akan besar lengan berkuasa pada kinerjanya. Contohnya kita memakai pelindung layar yang tebal berwarna gelap, pastinya sensor tidak akan bekerja maksimal.

Jenis Proximity Sensor

Bukan hanya di smartphone saja, Sensor ini juga banyak dipakai di banyak sekali keperluan ibarat di mesin pabrik, Mobil, pesawat, metal detector dan sebagainya.

Adapun diantara jenis Sensor proximity diantaranya sebagai berikut:

Inductive Proximity

Fungsi utamanya dipakai untuk melaksanakan pendeteksian logam, dan prinsip kerjanya yaitu Osilator akan membangkitkan Medan magnet berfrekuensi tinggi dan begitu ada logam didekatkan padanya maka akan terjadi perubahan medan magnet.

Alat ini yang biasa dipakai pada sensor Logam untuk metal detector bandara dan lain sebagainya.

Capacitive Proximity

Sensor ini akan mendeteksi materi bentuk logam maupun non logam dan cara kerjanya yakni mengukur adanya perubahan di kapasitas medan listrik yang terjadi di sebuah kapasitor lantaran ada objek lain yang ada didekatnya.

Sensor ini sering dipakai pada kendaraan beroda empat masa sekarang biar memudahkan parkir kendaraan beroda empat atau mendeteksi sekitar kendaraan beroda empat biar tidak terjadi benturan.

Proximity Optik

Untuk sensor tipe inilah yang dikala ini sering dipakai untuk smartphone dan penjelasannya sudah admin sajikan di cuilan atas.

Itulah fungsi dan nama 2 titik yang ada di erat speaker depan HP android, iPhone, blackberry dan smartphone tipe lainnya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait