Senin, 04 Mei 2015

Beda Alamat Http Dan Https Di Browser ?

Tags

Apa beda alamat HTTP dan HTTPS di browser ?. Sobat Dunia android, Sering kita jumpai alamat-alamat awalan dalam penulisan tujuan website diawali dengan awalan http atau https. Apa sesungguhnya beda dari kata 's' dibelakang awalan alamat itu ?. dan apa pula efek penggunaannya ?. Dunia android akan mengulasnya untuk anda bagi pecinta Browsing di dunia maya. 

Ilustrasi Https

Https atau Hypertext transfer protocol Secure merupakan protokol komunikasi dari www ( world wide web ). Dimana kita dapat lihat apabila memasuki alamat tertentu walaupun kita tidak menyertakan goresan pena 'http:// ' didepannya masih tetap dapat terbuka alamat web tersebut. alasannya http merupakan protokol sambungan antara browser (peramban) dengan server web yang dituju. suatu contoh, kita mengetikkan alamat 'facebook.com' di browser, maka sesudah kita enter dan mulai masuk ke web facebook tertera didalam kotak isian alamat terpampang terang awalannya yakni 'https://' bukan 'http://' . mengapa demikian ?, untuk menjawabnya saya jabarkan di bawah ini.

1. dengan memasuki alamat suatu website dengan awalan 'https' maka akan dilakukan autentifikasi data yang kondusif antara pengguna browser dengan server tujuan.

2. Https akan memperkecil kemungkinan penyerang browser pengguna untuk membobol, mencuri maupun memata-matai data yang sedang dilakukan antara pengguna dengan server tujuan.

3. Dengan alamat awalan https sebuah server akan menjamin keamanan komunikasi antara server dan pengguna browser. Dimana lintas datanya telah dilakukan enkripsi atau penyandian sedemikian rupa.

4. Namun ada sedikit beda kecepatan transfer data antara http dan https. pengalamatan dengan mode kondusif https akan melalui serangkaian proses autentifikasi user dengan server dan akan memakan waktu loading data yang sedikit lebih usang dibanding protokol http.


Dari uraian diatas apakah memang https dapat sepenuhnya kondusif ?. tentu jawabannya belum kondusif sepenuhnya. alasannya para cracker atau penyusup data dapat melaksanakan aksinya tanpa mengganggu pengguna browser tapi melalui server penyedia. Para pembobol akan melaksanakan aksinya eksklusif ke server tujuan dikarenakan dengan mode kondusif https para pembobol data akan kesulitan untuk mengurai enkripsi data eksklusif ke browser pengguna.

Semoga sedikit ulasan wacana beda http dan https diatas dapat menambah wawasan kita wacana dunia browser. supaya bermanfaat.

Baca juga : Fungsi cache browser android

Artikel Terkait