Minggu, 17 Mei 2015

Cara Gampang Mengamankan Akun Email

Tags

Cara simpel mengamankan akun email. Kalau kemarin Dunia android telah mengulas ihwal mengapa kita harus menjaga kerahasiaan akun email. kini saya akan mengulas tips atau cara-cara simpel mengamankan akun email versi admin dunia android. tentu saja bukan cara yang tidak ada prakteknya, dari dulu admin dunia android selalu memakai beberapa cara yang nanti saya jabarkan di bawah dan hingga ketika ini tidak terjadi apa-apa dengan akun email tersebut. 
Bukan faktor keberuntungan atau hoki sebetulnya jika email kita kondusif ataupun dibobol oleh orang lain. Namun semua faktor ada pada pemilik akun email itu sendiri. Nah ada beberapa tips jitu biar akun kita selalu kondusif tanpa faktor hoki maupun faktor lainnya. yuk disimak apa saja tipsnya.


Berikut ialah beberapa tips yang mungkin dapat anda lakukan untuk mengamankan akun email :

1. yang niscaya pertama-tama anda harus ingat dahulu username dan password akun email. Bila sering lupa atau terlalu sulit untuk dihafal jangan sekali-kali menuliskan di notepad atau di buku harian anda sebab selain berbahaya tentu anda tidak akan tahu siapa nanti yang akan membuka catatan langsung tersebut.

2. Bila ingin mencatat akun email, coba catat di notepad yang memiliki fitur enkripsi atau dapat dikunci. Namun jika tidak memungkinkan tulis saja akun tersebut di balik uang kertas dengan goresan pena kecil, tapi ingat uang tersebut jangan dibelanjakan lho ya..hehe

3. Ubah password akun email anda minimal 1 bulan sekali. jangan memakai kata password yang simpel ditebak ibarat tanggal lahir, nama ortu, nama anak, nama istri atau yang sejenis. tapi ingat, harus yang simpel dihafal biar anda tidak lupa suatu ketika nanti.

4. Gunakan format password antara aksara dan numerik. teladan : 'sayang4321' atau 123mybaby dan sebagainya.

5. Jangan sekali-kali terbujuk rayuan untuk menawarkan akun email anda pada orang lain. Kasus yang yang sering terjadi ialah sebuah akun simpel diobok-obok sebab gampangnya terkena bujuk rayu..hehe

6. sebaiknya anda memiliki 2 akun email. tujuannya yang satunya untuk proses recovery apabila ada persoalan dengan akun email utama.

7. dan cara yang paling ampuh ialah melaksanakan prosea verifikasi 2 langkah. Apa itu verifikasi 2 langkah ?. Nanti saya bahas di artikel berikutnya ya..hehe bukin ingin tau saja si admin ini. sabarr....

Nah, sudah siap mengamankan akun email sahabat ?. semoga sedikit ulasan diatas dapat menambah kita mawas diri dan lebih peduli terhadap diam-diam akun email milik pribadi. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait