Sabtu, 06 Juni 2015

Cara Buat Powerbank Darurat Dari Baterai Kotak 9 Volt

Tags

Cara Buat Powerbank darurat dari baterai Kotak 9 volt. Seandainya di perjalanan anda lupa membawa charge ponsel atau powerbank tentu segala cara supaya menerima asupan daya baterai sanggup didapatkan, salah satunya menciptakan cara alternatif yang murah untuk menciptakan rangkaian charge alias powerbank tanpa membeli charge gres diperjalanan. Charge alternatif ini selain murah juga sanggup dilakukan tanpa perlu melaksanakan langkah penyolderan. 


Solusi charge atau powerbank darurat dari baterai kotak 9volt ini saya hadirkan alasannya ada saatnya teman pembaca pernah disaat perjalanan tidak memungkinkan ditemukannya sumber PLN. kelebihan dari powerbank ini nanti yakni bekerja layaknya powerbank pada umumnya, hanya saja baterai yang digunakan baterai kotak 9volt yang gampang didapat dipasaran dan tidak sanggup dicharge ulang. di bawah ini pola powerbank / charge dari baterai kotak yang saya praktekkan dan berhasil.

Teknik menciptakan powerbank dari baterai kotak 9volt pada dasarnya sama dengan teknik menciptakan charge dari accu sepeda motor maupun dari baterai UPS yang sudah pernah saya ulas. Kelebihannya disini nanti anda tidak perlu melaksanakan penyolderan untuk menghubungkan komponen dengan baterai maupun kabel alasannya situasi diperjalanan tidak memungkinkan melaksanakan hal itu.
Bagaimana cara buatnya ?, silahkan disimak :

1. Sebelumnya diperjalanan carilah toko elektronik dan beli komponen ibarat : IC 7805 (1 biji), Baterai kotak ( 1 biji ), kabel ( setengah meter saja ). Saya beranggapan anda sudah memiliki kabel data / beli juga boleh..hehe (1 biji), isolasi secukupnya.

2. Cara merakitnya ibarat gambar di bawah ini.

Powerbank baterai kotak

3. bila dalam kondisi diperjalanan dan tidak memungkinkan melaksanakan penyolderan maka sambungkan kabel dengan baterai diisolasi, kabel dengan komponen disambung dipilin lalu diisolasi. pada dasarnya semuanya tersambung ibarat gambar diatas.

4. jikalau yakin sambungan sudah benar silahkan dicoba...

Cara diatas apabila anda sedang berada dirumah dan memiliki peralatan solder niscaya perakitannya lebih rapi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait